Depan Milangkala Desa Setianegara ke-71

Milangkala Desa Setianegara ke-71

KUNINGAN-Warga Desa Setianegara tumpah ruah menyambut Milangkala Desa ke-71 yang dimeriahkan dengan berbagai helaran kearifan lokal. Hadir Bupati Kuningan H. Acep Purnama, MH. dengan disambut  Tari Bongsang, Kamis (3/3/2022).
 
Sebagai bentuk pelestarian tradisi, seni tari  Bongsang  merupakan simbol jati diri warga Setianegara sebagai penghasil cengkeh yang berkualitas. Namun, jauh lebih berharga acara Milangkala desa ini sebagai wujud syukur kepada Allah SWT, dan sebagai tanda terimakasih kepada para pendahulu atas amal sholehnya untuk kemajuan desa.
 
Bupati Kuningan menyampaikan apresiasi dengan adanya kegiatan milangkala, hal ini sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan budaya sunda dengan adanya  kolaborasi Musik Degung, Rebana, Musik Modern dengan Iringan Tari Bongsang, serta diakhiri dengan Pagelaran Wayang Golek
 
Bupati Kuningan mengatakan, dengan Milangkala Desa Setianegara yang berbasis Pelestarian Budaya Lokal ini mampu melestarikan Nilai-Nilai Adat, sosial dan budaya yang dapat menjadi daya dukung bagi kemajuan desa dan masyarakatnya.
 
“Semoga momentum ini akan  membangun kekuatan seluruh komponen masyarakat dan memotivasi semangat keswadayaan dan gotong royong sebagai ciri khas desa yang terkenal dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan,”ungkapnya.
 
Bupati Kuningan menyampaikan, bahwa kita harus senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas anugerah yang dilimpahkan untuk Desa Setianegara. Dan jadikan kegiatan ini sebagai inspirasi, motivasi dengan berkarya dan  prestasi untuk hal yang bermanfaat bagi sesama. 
 
Sementara Itu Kepala Desa Setianegara Hj. Nani Sumarni, menuturkan, bahwa Milangkala Desa  merupakan bentuk rasa cinta dan rasa memiliki terhadap Desa Setianegara. Disini kita harus mengenal  sejarah yang merupakan  untaian peristiwa penuh makna dan hikmah. Begitu juga banyak nilai-nilai yang kita ambil dari helaran yang tadi, yaitu Tari Bongsang dan Seren Cai Kahuripan.
 
Selain Bupati, turut hadir Sekda Majalengka H. Eman beserta Istri ibu Hj. iim, Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Kepala DPMD Kabupaten Kuningan, Kepala kegiatan ini disaksikan juga, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan, Camat Cilimus, Kapolsek Cilimus, Danramil Cilimus, Kepala Desa se-Kecamatan Cilimus, Kepala UPTD/UPT Kecamatan Cilimus, Kepala Desa se-Kecamatan Cilimus, Kadek PKK Desa Setianegara serta Tokoh Ulama dan Tokoh Masyarakat Desa Setianegara. (IKP/DISKOMINFO)